Pages

Monday, August 16, 2010

Ayam Goreng ala Mamiku

as per your sweet request my dear friend,
sebagai perantau yang hidup di mess, dan harus bekerja dari pagi hingga sore, serta tak akan sempat berbelanja sayur mayur tiap harinya, maka harus pintar pintar dalam menyiapkan menu masakannya, tidak untuk hari ini saja tapi untuk seminggu.

jauhnya pasar dari komplek mess, tentu hambatan untuk dapat berbelanja tiap hari. jadi setiap pergi memasak, pasti dicari sesuatu yang dapat dimasak dan dapat dihidangkan untuk beberapa hari. salah satu pilihan adalah membuat ayam goreng.

dan ayam goreng favoritku, dari resep mami... ayamnya diungkep dengan berbagai macam bumbu. dan fuihhh... rasanya mang mantab! enak banget... ini terbukti dari banyaknya temen2 yang suka ma ayam goreng bikinanku... hehehhehe...


saking, sukanya, banyak datang permintaan mengenai bagaimana membuatnya. sebenernya membuatnya mudah, seperti saya bilang tadi tinggal diungkep, yang bikin special itu ramuan bumbu bumbu-nya. dan daripada hanny dapat sms ndadak tanya bumbu.. mending dishare ajah di sini... sapa tau lebih banyak bermanfaat.


mommy recipe:
  1. pilih ayam yang seger (ayam kampung atau ayam boiler, tergantung selera... kalo ayam kampus juga boleh, tapi awas ajah ama pihak kepolisian, kena pasal pembunuhan mutilasi ntar hehhehe).
  2. cuci dan potong-potong ayam sesuai selera.
  3. siapkan bumbu untuk dihaluskan (manual grin or machinery grin -tergantung selera-) :
    • bawang putih
    • bawang merah
    • ketumbar
    • kemiri
  4. untuk bumbu yang dimemarkan antara lain:
    • jahe
    • laos
    • serai
    • kunir yang sudah dibakar / dsangrai
  5. masukkan ayam yang sudah dibersihkan ke dalam panci, tambahkan bumbu yang dihaluskan dan bumbu yang dimemarkan, kemudian masukkan gula jawa, asem jawa, garam, dan masako (pilihan).
  6. tambahkan sedikit air, tidak perlu terlalu banyak, karena nantinya ayam akan mengeluarkan air ketika direbus.
  7. kemudian rebus atau ungkep, hingga daging ayam menjadi empuk, atau lunak.
  8. setelah ayam yang diungkep matang, maka ayam siap untuk digoreng dan dihidangkan.
Hm... nulis resepnya ajah... dah kebayang enaknya... satu tips dari hanny, kalau goreng ayamnya ga usah lama-lama, karena ayamnya pakai gula, maka punya kecenderungan cepat matang.

Okey guys, selamat mencoba... dijamin enak... bumbu sengaja tidak didetailkan... karena mami hanny, waktu kasih resep juga ga detail... semua itu perlu pake feeling... Selamat mencoba ^^

h0n,
mulai ngiler :p

No comments: