Pages

Monday, July 11, 2011

Sambal Goreng Tempe

Helloooooowwww dear blog...

it's been a long time XOXO *peluk mang Mac, kecup mang Mac, lap bekas lipstik* Kayakna di tahun 2011 ini, hasrat menulis blog hon sepertinya menurun... salah satu indikasinya adalah karena di mess yang sekarang ini sinyal tek*ms*lfl*sh sangat sangat lemot, plus tuh wi-fi mess seringnya malah off -__-"

ok... weekend kemaren hanny lagi doyan masak2 nie.. lantaran ada bahan dan males keluar, demi sebuah pengiritan *sigh* Sepertinya untuk ke depannya bakal masak-masak lagi nie, soalnya sekarang nemu cara baru gimana dapat bahan, tanpa harus pergi jauh ke kota, ato tanpa masuk pasar -iyaaaah, males masuk pasar :'( hiks- Caranya nitip belanja ma Bi' Ating, bibi yang suka ngebantuin teteh di rumahnya... Makasih bi' Ating ^^



Weekend ini hon masak, asem asem daging (resep ada di blog ini juga, klik ajah :p) hmm.. asem-asem daging kali ini lebih mantab, walopun masih belum puas, dengan hasilnya.. masih beda dari bikinan mami :'( Terus hari keduanya, dengan sisa bahan yang apa adanya, hon akhirnya memutuskan untuk bikin sambal goreng tempe... nah sambel goreng tempe kali ini.. lebih enak ma sebelumnya... :D resep mudah banget lohhh ^^

Sambal Goreng Tempe

Bahan Utama: 
- Tempe, dan bisa ditambah lagi sama teri dan/ atau kacang tanah

Bumbu:
- Bawang Merah
- Bawang Putih
- Cabe Merah + Cabe rawit (kalo mau pedes)
- Lengkuas
- Asam jawa
- Gula
- Kecap manis
- Garam



Cara Memasak:
  1. potong dadu tempe (sesuai selera, kalo saya suka yang dadu tipis), kemudian goreng (sebagian resep menganjurkan goreng setengah matang, tapi saya kemaren pengen yang kering, jadinya gorengnya sampai matang... dan itu ga masalah kok :p). Tiriskan dan sisihkan jika tempe sudah selesai digoreng. Jika menggunakan campuran teri, maka cuci teri dengan air panas terlebih dahulu, kemudian goreng dan tiriskan, begitu juga dengan kacang tanah.
  2. untuk bumbu, potong tipis bawang putih dan bawang merah, serta potong serong untuk cabe merah.
  3. tumis potongan bawang putih, bawang merah dan cabe merah, hingga wangi.
  4. campurkan air asam jawa (asam jawa direndam dengan air panas, untuk kemudian diambil air rendamannya) dan lengkuas yang telah dikeprek.
  5. kemudian masukkan tempe, teri dan kacang jika ada.
  6. tambahkan gula, garam dan kecap manis.
  7. tumis hingga kuah mengering.
and voillaaaa.... tumis nya siap dimakan... yummm... kalo masak jangan lupa diincip incip yahhhh...

see ya in next recipe... ^^

love,
hon

*gambar diambil dari ranah google

No comments: